Tips menghindari emosi saat berkendara

Posted by Artikel Pendidikan on 14/06/12

Tips menghindari emosi saat berkendara - Keahlian dalam mengemudi kendaraan roda empat tidak semata-mata piawai dalam mengemudikannya, tetapi butuh kematangan psikologis sehingga emosi kita ketika sedang mengemudi bisa stabil, tidak ugal-ugalan, dan tidak cepat emosi ketika pengendara lain menyerempet kita ataupun yang lainnya. Berikut ini tips menghindari emosi saat kita berkendara sebagaimana dikutip dari detikoto.  
Kemacetan lalu lintas meresahkan pengguna mobil yang berujung pada stress dan emosi. Bukan mustahil jika kita membentak pengendara lain di jalanan. Simak beberapa tips ringan agar kita tidak emosian di jalanan saat macet. Tips ini disampaikan oleh Ketua Ikatan Psikologi Klinis Pusat, Tips pertama agar kita tidak emosian di jalan adalah tidak fokus di kemacetan yang sedang terjadi. Usahakan pikiran tetap rileks. "Dalam kasus ini, banyak pemilik mobil tidak menyadari jika membuat pikiran rileks dengan kasus lain seperti berencana bertamasya ke daerah tertentu membantu menghindari emosi di saat menghadapi macet," kata Indria. Pikirkan hal lainnya, jangan ingin buru-buru sampai tujuan. Ketika kita ingin cepat tujuan, pasti pengendara mobil selalu main serobot. Bukan tidak mungkin pada akhirnya emosi tersulut.

Jangan buru-buru sampai tujuan, atau kemrungsung. Dibawa santai saja dan nikmati perjalanan," ucapnya. Peregangan otot sesekali perlu dilakukan agar badan tidak terasa kaku saat kemacetan melanda.Sesekali bawa badan bergerak di dalam mobil ketika menghadapi kemacetan terjadi," ujar Indria. Menyediakan makanan dan minuman di dalam mobil terbukti membantu menghindari emosi tersulut. Makan ketika terpengrangkap macet membantu merilekskan badan. "Sebaiknya sediakan snack dan minuman ringan saja," tutupnya. Selamat mencoba tips menghindari emosi saat berkendara dan semoga bermanfaat. (source detikoto)

Blog, Updated at: 07.12

0 komentar:

Pengikut

Artikel terpopuler


DMCA.com Protection Status