Pengertian pasar monopoli

Posted by Artikel Pendidikan on 02/11/15

Pengertian pasar monopoli - Secara definisi pasar monopoli merupakan suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu perusahaan saja, dan perusahaan ini menghasilkan barang yang tidak mempunyai barang pengganti yang sangat dekat. Penentu harga pada pasar monopoli ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai "monopolis". Sebagai penentu harga, seorang monopolis dapat menaikan atau mengurangi harga dengan cara menentukan jumlah barang yang akan diproduksi, semakin sedikit barang yang diproduksi, maka akan semakin mahal harga barang tersebut dijual, begitu pula sebaliknya. Akan tetapi, penjual juga memiliki suatu keterbatasan dalam penetapan harga karena apabila penetapan harga terlalu mahal, maka orang akan menunda pembelian atau berusaha mencari atau membuat barang pengganti. Itulah sekilas mengenai pengertian pasar monopoli. Selain dari pengertian pasar monopoli berikut ini beberapa ciri-ciri dari pasar monopoli adalah :

Pasar Monopoli Adalah Industri Satu Perusahaan
Sifat ini sudah secara jelas dilihat dari definisi pengertian pasar monopoli di atas, yaitu hanya ada satu saja perusahaan dalam industri tersebut. Barang atau jasa yang dihasilkannya tidak dapat dibeli dari tempat lain. Para pembeli tidak mempunyai pilihan lain, kalau mereka menginginkan barang tersebut maka mereka harus membeli dari perusahaan monopoli tersebut.

Pada pasar monopoli tidak mempunyai barang pengganti yang Mirip
Ciri-ciri pasar monopoli lainnya adalah barang yang dihasilkan perusahaan tidak dapat digantikan oleh barang lain yang ada dalam pasar. Barang tersebut merupakan satu-satunya jenis barang yang seperti itu dan tidak terdapat barang mirip yang dapat menggantikan barang tesebut.

Tidak Terdapat Kemungkinan untuk Masuk ke dalam IndustriSifat ini merupakan sebab utama yang menimbulkan perusahaan yang mempunyai kekuasaan monopoli. Adanya hambatan kemasukan yang sangat tangguh menghidarkan berlakunya keadaan yang seperti itu. Ada beberapa bentuk hambatan kemasukan dalam pasar monopoli. Ada yang bersifat legal yaitu dibatasi dengan undang-undang atau pemerintah. Ada juga yang bersifat teknologi yaitu teknologi yang digunakan sangat canggih dan tidak mudah dicontoh. Dan ada pula yang bersifat keuangan yaitu modal yang diperlukan sangat besar.

Dapat Mempengaruhi Penentuan HargaKarena perusahaan monopoli merupakan satu-satunya penjual di dalam pasar, maka perusahaan monopoli dipandang sebagai penentu harga. Dengan mengadakan pengendalian ke atas produksi dan jumlah barang yang ditawarkan perusahaan monopoli dapat menentukan harga pada tingkat yang dikendakinya.

Promosi Iklan Kurang Diperlukan
Dikarenakan perusahaan monopoli adalah satu-satunya perusahaan di dalam industri, ia tidak perlu mempromosikan barangnya dengan menggunakan iklan. Walau bagaimanapun perusahaan monopoli dering membuat iklan. Iklan tersebut bukalah bertujuan untuk menarik pembeli, tetapi untuk memelihara hubungan baik dengan masyarakat.
Nah, itulah sedikit mengenai pengertian pasar monopoli berikut ciri-ciri dari pasar monopolistik yang penulis ambil dari beberapa sumber mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca.

Blog, Updated at: 04.34

0 komentar:

Pengikut

Artikel terpopuler


DMCA.com Protection Status